Efektifitas Pembelajaran PPKn Berbasis Teknohumanistik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X Jasa Boga 2, di SMK Prshanti Nilayam Kuta Tahun Pelajaran 2017/2018

  • I Gusti Ayu Mas Darwati Universitas DwiJendra
  • Putu Ronny Angga Mahendra Universitas DwiJendra
  • I Wayan Eka Wahyudi Universitas DwiJendra

Abstract

Pemerintah indonesia melalui Kementrian Pendidikan telah melakukan langkah yang mendorong dunia pendidikan untuk mulai menintegrasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dengan Kurikulum 2013 melalui assesment Autentik. Maka dari itu, diperlukan pendidik (guru) yang berkemampuan mempersonifikasikan nilai-nilai etik kemanusiaan. pendidikan karakter berbasis teknohumanistik sangatlah sesuai dengan sistem persekolahan yang memiliki peran strategis  dalam pendidikan, untuk dimunculkan secara terintegrasi dalam kurikulum pembelajaran di sekolah. Rumusan masalah yang menjadi pokok  pembahasan adalah bagaimana Elaborasi, efektifitas dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Model pembelajaran Teknohumanistik dalam pembelajaran PPKn terhadap pengembangan Nilai-nilai Karakter Siswa kelas X Jasa Boga 2, di SMK Prshanti Nilayam Kuta Tahun Pelajaran 2017/2018?. tujuannya adalah untuk mengetahui elaborasi nilai-nilai pendidikan karakter terhadap pelaksaan model pembelajaran teknohumanistik, mengetahui efektifitas dan kendala yang dihadapi dalam pembelajaran teknohumanistik terhadap pengembangan nilai- nilai karakter siswa dengan assesmen autentik dalam pembelajaran PPKn terhadap pengembangan nilai-nilai karakter pada siswa kelas X Jasa Boga 2, di SMK Prshanti Nilayam Kuta tahun  pelajaran 2017/2018.


Metode penelitian dengan wawancara, obersvasi, kuesioner dan dokumentasi  teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Kesimpulan, pembelajaran PPKn merupakan ujung tombak pendidikan karakter. Yang artinya dalam mata pelajaran PPKn, pendidikan karakter harus menjadi tujuan pembelajaran. Delapan belas nilai karakter dan tiga cakupan komponen penting teknohumanistik (saint-teknologi, kebijakan dan kebaikan) merupakan realisasi dari pendidikan karakter. Pengembangan nilai-nilai karakter pada anak ditanamkan sehingga terbentuk generasi muda yang berahlak mulia.

Published
2019-10-14
How to Cite
DARWATI, I Gusti Ayu Mas; MAHENDRA, Putu Ronny Angga; WAHYUDI, I Wayan Eka. Efektifitas Pembelajaran PPKn Berbasis Teknohumanistik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X Jasa Boga 2, di SMK Prshanti Nilayam Kuta Tahun Pelajaran 2017/2018. Seminar Nasional Hukum dan Kewarganegaraan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 194-203, oct. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1677>. Date accessed: 21 oct. 2020.