Pengembangan Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Nilai-Nilai Demokratis Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja

  • Putu Ida Arsani Dewi STAHN Empu Kuturan Singaraja

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) para dosen PKN di stahn mpu kuturan singaraja mengembangkan nilai-nilai demokrasi kepada para mahasiswanya; (2) kendala para dosen PKn di stahn mpu kuturan singaraja untuk mengembangkan nilai-nilai demokrasi kepada para mahasiswanya; (3) solusi para dosen PKn di stahn mpu kuturan singaraja menghadapi kendala untuk mengembangkan nilai-nilai demokrasi kepada para mahasiswanya. Merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Informannya seluruh dosen PKn di stahn mpu kuturan singaraja. analisis data yaitu data reduction, data display, data conclusion/ drawing/ verification .Untuk mengembangkan sikap kebebasan berkelompok pada diri mahasiswa dapat dipraktekkan melalui diskusi. Sebagai contoh ketika di dalam kelas mahasiswa diberi kebebasan untuk memilih siapa saja anggota yang menjadi kelompoknya ketika berdiskusi. Kendala yang dihadapi oleh dosen dalam pengembangan sikap-sikap demokratis mahasiswa adalah lingkungan tidak memberikan contoh yang baik, terjadi ketidaksesuaian antara apa yang diucapkan oleh dosen dengan yang ada lingkungan. Solusi yang dilakukan oleh dosen dalam menghadapi kendala tersebut yaitu menerapkan pendidikan demokrasi kepada mahasiswa khususnya melalui pembelajaran di dalam kelas dan dosen sebagai model yang dicontoh oleh mahasiwa harus memberikan teladan yang baik.

Published
2019-10-14
How to Cite
DEWI, Putu Ida Arsani. Pengembangan Kebijakan Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Nilai-Nilai Demokratis Mahasiswa STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Seminar Nasional Hukum dan Kewarganegaraan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 235-242, oct. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1681>. Date accessed: 04 aug. 2020.