Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda Untuk Meningkatkan Partisipasi Terhadap Pemilihan Umum Dalam Membangun Demokrasi

  • Kadek Radhitya Vidianditha Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pelaksanaan Pendidikan politik yang dilakukan sudah lumayan menunjukkan sedikit perkembangan yang dimana dengan adanya pendidikan politik dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan bagi generasi muda itu meningkat, dilihat dari statistik di tahun 2019 jumlah partisipasi generasi muda itu meningkat sejumlah 0,23 persen dari tahun 2018. Adapun faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu ialah: Status sosial dan ekonomi, Situasi, dan Afiliasi Politik Orang Tua. Oleh karena itu segala praktik penyelenggaraan kekuasaan negara haruslah berdasarkan pada hakekat rakyat. Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang kedaulatannya berada di tangan rakyat. Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dalam penyelenggaraan kehidupan negara yang berdemokrasi sudah menjadi konsekuensi atas jaminan kebebasan, keadilan, dan kesetaraan di dalam masyarakat dalam segala bidang. Di dalam demokrasi itu sendiri, terdapat nilai-nilai partisipatif dan kedaulatan yang senantiasa dijunjung tinggi dan harus dijalankan oleh setiap warganegara. Sebagai wujud real pengakuan negara terhadap kedaulatan rakyat ialah dengan melibatkan atau mengikutsertakan waraga negara Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam menentukan kebijakan politik. Oleh karena itu segala praktik penyelenggaraan kekuasaan negara haruslah berdasarkan pada hakekat rakyat. Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang kedaulatannya berada di tangan rakyat. Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dalam penyelenggaraan kehidupan negara yang berdemokrasi sudah menjadi konsekuensi atas jaminan kebebasan, keadilan, dan kesetaraan di dalam masyarakat dalam segala bidang. Di dalam demokrasi itu sendiri, terdapat nilai-nilai partisipatif dan kedaulatan yang senantiasa dijunjung tinggi dan harus dijalankan oleh setiap warganegara. Sebagai wujud real pengakuan negara terhadap kedaulatan rakyat ialah dengan melibatkan atau mengikutsertakan waraga negara Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam menentukan kebijakan politik.

Published
2019-10-14
How to Cite
VIDIANDITHA, Kadek Radhitya. Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda Untuk Meningkatkan Partisipasi Terhadap Pemilihan Umum Dalam Membangun Demokrasi. Seminar Nasional Hukum dan Kewarganegaraan, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 251-257, oct. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/semnashk/article/view/1683>. Date accessed: 10 aug. 2020.