SKRINING FAKTOR RESIKO DEPRESI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA JARAMARAPATI DESA KALIASEM KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG

  • Ni Ketut Erawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Sugandini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Dewi Tarini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Juliani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ayu Dwi Astini Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Lansia merupakan tahap akhir dari kehidupan dan proses alamiah yang tidak dapat dihindarkan oleh setiap individu, ditandai dengan perubahan dan kemunduran fisik maupun psikis. Keluhan yang terjadi pada lansia tersebut merupakan hal yang wajar  namun biasanya peningkatan status kesehatan lansia lebih diarahkan pada penanganan keluhan yang sifatnya fisik saja, sementara keluhan yang mengarah pada gangguan mental lansia seperti depresi masih belum mendapat perhatian yang optimal, seperti yang terjadi di Panti Werdha Jaramarapati Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng, sampai saat ini belum pernah melakukan skrining kejadian depresi. Kegiatan penagbdian ini bertujuan untuk mendeteksi kejadian depresi pada lansia yang tinggal di panti, dengan menggunakan metode wawancara pada lembar Geriatric Depresion Scale (GDS). Dari hasil skrining didapatkan hasil 38% lansia yang tinggal di panti mengalami depresi. Melihat hasil tersebut perlu diadakan suatu program penyegaran bagi penanggungjawab panti beserta staf tentang penatalaksanaan depresi dan terapi modalitas pada lansia.  

Published
2019-12-06
How to Cite
ERAWATI, Ni Ketut et al. SKRINING FAKTOR RESIKO DEPRESI PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA JARAMARAPATI DESA KALIASEM KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 149-155, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1724>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles