MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BAHASA JEPANG DI KABUPATEN BULELENG MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN RENCANA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS KURIKULUM 2013 REVISI

  • Desak Made Sri Mardani Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sadyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nengah Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi para guru bahasa Jepang SMA/SMK dalam merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi. Dengan perencanaan yang baik dan tepat, penyampaian materi dengan memunculkan keterampilan abad 21 tentunya meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis dengan karakter yang kuat. Dengan demikian maka tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Kegiatan pengabdian ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pertama pelatihan dengan pemberian materi terkait komponen dalam RPP serta pembuatan RPP. Pada tahap kedua dilakukan pendampingan terhadap guru melalui diskusi untuk menghasilkan RPP yang memunculkan pembelajaran yang menarik dan inovatif. Pelatihan dan pendampingan diikuti oleh beberapa guru, diutamakan guru dari sekolah-sekolah yang memberikan materi bahasa Jepang. Pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan cukup berhasil, yang mana semua peserta mampu membuat RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 revisi. Bahkan, beberapa peserta sudah mampu merancang pembelajaran yang menarik dan inovatif.

Published
2019-12-06
How to Cite
SRI MARDANI, Desak Made; SADYANA, I Wayan; SUARTINI, Ni Nengah. MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU BAHASA JEPANG DI KABUPATEN BULELENG MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN RENCANA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS KURIKULUM 2013 REVISI. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 185-190, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1730>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles