PELATIHAN ASESMEN LITERASI BAHASA INGGRIS UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BULELENG

  • Nyoman Padmadewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Artini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Suarnajaya Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Hasil asesmen internasional (PISA) menunjukkan bahwa literasi Bahasa Inggris siswa Indonesia perlu ditingkatkan. Padmadewi dan Artini pada tahun 2017-2018 melakukan penelitian tentang pengembangan model pengenalan budaya literasi Bahasa Inggris dan asesmennya untuk Sekolah Dasar. Penelitian ini menjawab fenomena nasional tentang pentingnya meningkatkan literasi serta mengembangkan asesmen berbasis proses dalam upaya meningkatkan literasi (kemampuan membaca dan menulis) siswa SD di Bali. Oleh sebab itu hasil penelitian tersebut perlu disosialisasikan kepada guru Bahasa Inggris di SD. Sosialisasi dilakukan melalui seminar dan lokakarya pola 32 jam terhadap 26 guru SD yang mengajar Bahasa Inggris di Kabupaten Buleleng. Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner. Dampak pelatihan ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang asesmen literasi Bahasa Inggris meningkat dan asesmen instrumen yang dihasilkan menunjukkan adanya peningkatn kreativitas dan kemampuan dalam mlakukan asesmen berbasis literasi di dalam kelas. Diharapkan setelah pelatihan. guru-guru menjadi lebih kompeten dalam mengajarkan siswa tentang literasi Bahasa Inggris di sekolah masing-masing.

Published
2019-12-06
How to Cite
PADMADEWI, Nyoman; PUTU ARTINI, Luh; SUARNAJAYA, Wayan. PELATIHAN ASESMEN LITERASI BAHASA INGGRIS UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BULELENG. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 211-221, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1734>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles