PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN APLIKASI PENGOLAH KATA UNTUK PENULISAN AKSARA BALI DENGAN FONT BALI SIMBAR DI SMA BALI MANDARA

  • G. Indrawan G. Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I K. Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sariyasa Sariyasa Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penulisan Aksara Bali dikhawatirkan menuju kepunahan dan perlindungan dari sisi politik telah diatur melalui Peraturan Gubernur Bali No. 80 Tahun 2018 dan Surat Edaran Gubernur Bali No. 3172 Tahun 2019. Tujuan umum kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah menjaga kelestarian salah satu aspek budaya Bali ini melalui sisi teknologi. Tujuan khusus kegiatan ini adalah melakukan pelatihan dan pendampingan di SMA Bali Mandara terkait pemanfaatan aplikasi pengolah kata untuk penulisan Aksara Bali dengan font Bali Simbar Dwijendra. Pelatihan penulisan Aksara Bali ini berdasarkan aturan dan contoh dokumen “The Balinese Alphabet”. Aturan tersebut meliputi suku kata dasar (Akśara Wreşāstra), vokal (Akśara Suara), semi-vokal (Arda Suara), suku kata tambahan (Akśara Şwalalita), pemati suara (Pangangge Tengenan), pemati suara tambahan (Ulu Candra dan Ulu Ricem), angka, tanda baca, dan ligature. Pelatihan meliputi instalasi font Bali Simbar Dwijendra di sistem operasi; mengetahui perbedaan font tersebut dengan font Bali Simbar-B menggunakan aplikasi Character Map; dan menggunakan font tersebut di aplikasi pengolah kata berbantukan aplikasi Keyman Desktop. Pelatihan dengan pola 32 jam (4 hari masing-masing 8 jam) diberikan kepada 26 guru dan 24 siswa SMA Bali Mandara. Sebagai mitra non produktif ekonomi sesuai dengan kategori Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII DRPM DIKTI, target kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini tercapai dengan indikator pengetahuan dan keterampilan meningkat pada 98% (49 dari 50) peserta. Satu peserta adalah Guru Bahasa Bali yang indikator pengetahuan dan keterampilannya tidak diukur lagi dan yang bersangkutan melengkapi pengetahuan yang diberikan dalam kegiatan ini.

Published
2019-12-06
How to Cite
G. INDRAWAN, G. Indrawan; PARAMARTA, I K.; SARIYASA, Sariyasa. PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN APLIKASI PENGOLAH KATA UNTUK PENULISAN AKSARA BALI DENGAN FONT BALI SIMBAR DI SMA BALI MANDARA. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 409-414, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1767>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles