PELATIHAN MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS SESUAI KURIKULUM 2013 KEPADA PARA GURU SMPN 3 SAWAN KECAMATAN SAWAN, KABUPATEN BULELENG

  • I Wayan Kertih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Iyus Ahmad Haris Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertjuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan guru-guru mata pelajaran IPS dalam mengembangkan pembelajaran IPS yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat sebagai sumber belajar sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Kegiatan PkM ini diawali dengan melakukan kegiatan analisis situasi terhadap kondisi riil pembelajaran IPS. Kerangka pemecahan masalah dilakukan melalui kegiatan: workshop, pelatihan, simulasi dan pendampingan. Untuk mengukur tingkat keberhasilan dari keseluruhan rangkaian kegiatan tersebut, dilakukan evaluasi pada rentang proses dan akhir kegiatan. Subjek sasaran dalam kegitan ini sebanyak 12 (duabelas) orang, Hasil kegiatan PkM menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan wawasan dan keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat sebagai sumber belajar sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Hal ini dibuktikan dari keberhasilan guru mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat sebagai sumber belajar sebagai produk dari kegiatan PkM ini.

Published
2019-12-06
How to Cite
KERTIH, I Wayan; NATAJAYA, I Nyoman; AHMAD HARIS, Iyus. PELATIHAN MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS SESUAI KURIKULUM 2013 KEPADA PARA GURU SMPN 3 SAWAN KECAMATAN SAWAN, KABUPATEN BULELENG. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 431-439, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1770>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles