PELATIHAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI LESSON STUDY DI TAMAN KANAK-KANAK

  • I Komang Sudarma
  • I Made Tegeh
  • I Wayan Suwatra

Abstract

Berdasarkan identifikasi masalah yang dilakukan menggunakan metode kuesioner dan observasi diketahui bahwa penerapan media pembelajaran berorientasi multiple intelligences belum optimal dilakukan oleh guru-guru di taman kanak-kanak (TK). Penerapan media lebih difokuskan pada penyampaian materi dan belum memberikan ruang untuk pengembangan multiple intelligences peserta didik (Sudarma, dkk., 2018). Berdasarkan temuan tersebut maka tujuan yang ingin dicapai dalam pelatihan ini yaitu (1) meningkatkan pengetahuan guruguru TK dalam menerapkan media multiple intelligences melalui lesson study dan (2) mengetahui respon guru pasca pelatihan. Jumlah sasaran yang dilibatkan adalah 11 orang guru TK. Kegiatan pengangabdian terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pelatihan umum tentang teori implementasi media pembelajaran berorientasi multiple intelligences dan merancang draf RPP implementasi media serta tahap pendampingan secara intensif untuk mengimplementasikan media melalui lesson study. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pengetahun guru meningkat (rerata skor pretest 61,82 dan rerata skor posttest 71,11) dan respon guru juga positif karena merasakan kebermanfaatan dari pelatihan yang diikuti.

Published
2019-12-06
How to Cite
SUDARMA, I Komang; TEGEH, I Made; SUWATRA, I Wayan. PELATIHAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERORIENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES MELALUI LESSON STUDY DI TAMAN KANAK-KANAK. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 538-543, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1785>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles