PEMANFAATAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK GURU, ORANG TUA, DAN SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN

  • Bambang Robi’in
  • Siwi Purwanti
  • Wahyu Pujiyono

Abstract

SD Muhammadiyah Condongcatur saat ini telah menerapkan teknologi informasi dalam menunjang proses pembelajaran. E-learning/sistem pembelajaran online yang telah diterapkan hanya melibatkan guru dan siswa saja sehingga peranan orang tua belum terakomodasi. Perlu adanya sistem pembelajaran online (elearning) yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan baik guru, siswa, maupun orangtua dalam sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi. Persoalan yang kedua adalah kurang siapnya guru, siswa, dan orang tua untuk menerapkan sistem pembelajaran online (elearning) karena pemahaman yang masih kurang baik dari guru, siswa, atau orangtua. Tujuan kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman dan ketrampilan guru, orang tua, dan siswa SD Muhammadiyah Condongcatur dalam memanfaatkan system pembelajaran online. Metode kegiatan berupa seminar dan pelatihan bagi guru, orang tua, dan siswa SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman. Hasil yang diperoleh Kegiatan seminar dan pelatihan system pembelajaran online untuk guru, orang tua, dan siswa telah berhasil dilaksanakan. Terjadi peningkatan pemahaman dan ketrampilan guru yang signifikan antara sebelum pelaksanaan dan sesudah pelaksanaan yaitu dari 50,71% menjadi 88,89%; siswa yaitu dari 49,63% menjadi 86,43%; orang tua yaitu dari 50,85% menjadi 90,85%.

Published
2019-12-06
How to Cite
ROBI’IN, Bambang; PURWANTI, Siwi; PUJIYONO, Wahyu. PEMANFAATAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK GURU, ORANG TUA, DAN SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 544-550, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1786>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles