PEMANFAATAN DIALOGIC READING: KOMPETENSI MENGAJAR GURU DAN KOMPETENSI MEMBACA SISWA

  • Ni Made Ratminingsih
  • I Gede Budasi

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil P2M yang dilakukan di sekolah dasar di Kecamatan Sukasada. P2M ini dalam bentuk pelatihan yang diikuti dengan pendampingan. Pelatihan ini diikuti oleh 20 guru Bahasa Inggris, sedangkan pendampingan dilakukan di 4 sekolah dasar secara representatif dan melibatkan 4 guru dan 94 siswa. Pendampingan dilakukan dalam bentuk konsultasi dan diskusi klinis tentang kekuatan dan kelemahan kompetensi mengajar para guru dalam menerapkan dialogic reading selama tiga kali observasi. Hasil membuktikan bahwa para guru menunjukkan peningkatan bertahap pada kompetensi mengajar mereka dalam menggunakan dialogic reading. Selain itu, mereka lebih percaya diri dan mampu melibatkan siswa dalam pembelajaran yang berdampak langsung pada kompetensi membaca siswa, yaitu mencapai rerata 78,32 yang dikategorikan baik. Dengan demikian, pelatihan dan pendampingan kepada guru harus dilakukan secara reguler untuk membantu mereka dalam meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris.

Published
2019-12-06
How to Cite
RATMININGSIH, Ni Made; BUDASI, I Gede. PEMANFAATAN DIALOGIC READING: KOMPETENSI MENGAJAR GURU DAN KOMPETENSI MEMBACA SISWA. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 590-597, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1791>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles