Pemetaan Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013

  • Gede Wira Bayu
  • I Ketut Dibia
  • Kadek Yudiana
  • Gusti Ngurah Sastra Agustika4,
  • Luh Sri Surya Wisma Jayanti

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini didasari hasil wawancara pada guru-guru sekolah dasar di Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. Pada wawancara tersebut terungkap bahwa belum ada pemetaan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) pada mata pelajaran Bahasa Inggris berbasis kurikulum 2013 di sekolah dasar. Kemudian dirancanglah kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu mengatasi masalah tersebut. Kegiatan yang dilakukan adalah seminar penyusunan SK dan KD yang diiringi dengan kegiatan pendampingan penyusunan KI dan KD mata pelajaran Bahasa Inggris sekolah dasar. Kegiatan seminar pemetaan KI dan KD berbasis kurikulum 2013 dilaksanakan pada hari Jumat 30 Agustus 2019 yang diikuti oleh guru-guru pengajar Bahasa Inggris di sekolah dasar piloting kurikulum 2013 di kecamatan Buleleng. Dan kegiatan pendampingan dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada tanggal 31 Agustus, serta 2 dan 3 September 2019. Pada kegiatan seminar guru-guru mampu melakukan penyusunan KI dan KD dengan baik. Hanya saja terdapat masalah yaitu belum adanya pedoman KD yang ditetapkan oleh pengambil kebijakan dalam hal ini Dinas Pendidikan Wilayah Kecamatan Buleleng sehingga KD yang dipetakan masih berpedoman pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Selanjutnya dalam kegiatan pendampingan diharapkan guru-guru pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris mampu melakukan pemetaan KI dan KD yang benar.

Published
2019-12-06
How to Cite
WIRA BAYU, Gede et al. Pemetaan Kompetensi Inti (KI) Dan Kompetensi Dasar (KD) Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar Berbasis Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 622-626, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1796>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles