PEMBUATAN KAHOOT! BAGI GURU SMA/SMK DI KABUPATEN BULELENG

  • Kadek Eva Krishna Adnyani
  • Desak Made Sri Mardani
  • Gede Satya Hermawan

Abstract

Tujuan pengabdian adalah untuk memberikan pengetahuan kepada guru bahasa Jepang dan bahasa Inggris SMA/SMK di kabupaten Buleleng mengenai cara pembuatan perangkat asesmen formatif online yang inovatif, khususnya Kahoot! Metode kegiatan yang digunakan adalah ceramah dan diskusi, praktek pembuatan Kahoot! serta pendampingan penggunaan Kahoot! di sekolah. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2019 dengan diikuti oleh 31 peserta, sedangkan pendampingan dilaksanakan pada 27 dan 29 Mei 2019 di 2 sekolah. Hasil observasi selama pelatihan menunjukkan bahwa 100% peserta mampu membuat Kahoot!. Sementara hasil pendampingan di kelas menunjukkan masih ada beberapa kekurangan, antara lain; guru belum memberikan penjelasan yang baik mengenai Kahoot! sebelum memulai kuis, durasi menjawab yang terlalu lama per pertanyaan, siswa tidak diberi waktu untuk melihat skor terbaik, dan tidak ada apresiasi terhadap 3 nilai terbaik di akhir kuis.

Published
2019-12-06
How to Cite
EVA KRISHNA ADNYANI, Kadek; SRI MARDANI, Desak Made; SATYA HERMAWAN, Gede. PEMBUATAN KAHOOT! BAGI GURU SMA/SMK DI KABUPATEN BULELENG. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 627-635, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1797>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles