BINA DESA: PELATIHAN DAN PEMBUATAN ALAT PENDETEKSI KEBOCORAN LPG 3 KG BERSUBSIDI DI DESA DENCARIK, KECAMATAN BANJAR, KABUPATEN BULELENG - BALI

  • Kadek Rihendra Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Pasek Nugraha Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan pengabdian pelatihan pembuatan alat pendeteksi kebocoran gas LPG 3 kg bersubsidi di Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng – Bali ini adalah untuk (1) membantu masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan sosial yang dihadapinya, dalam hal ini adalah mencegah terjadinya kebocoran dalam penggunaan gas LPG 3 kg bersubsidi, (2) mendorong tumbuhnya kreativitas, motivasi, dan inovasi masyarakat dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul dalam penggunaan gas LPG 3 kg bersubsidi, salah satunya yaitu pembuatan alat pendeteksi kebocoran yang dapat dilakukan oleh warga masyarakat di Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng – Bali, dan (3) mendorong terwujudnya kemandirian, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat di Desa Dencarik, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng - Bali. Metodologi yang digunakan dalam pengembangan produk alat pendeteksi kebocoran gas ini adalah metode pelatihan, sedangkan analisis kebutuhan dan pengumpulan data akan dilakukan melalui metode wawancara, observasi dokumen maupun lapangan, serta kajian literatur. Dari hasil pengabdian dan implementasi yang telah dilakukan oleh tim pelaksana, terciptalah alat pendeteksi kebocoran gas yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kebocoran dalam penggunaan gas LPG 3 kg bersubsidi. Pada kegiatan ini pula dilakukan sosialisasi terkait dengan SOP dalam menggunakan gas LPG 3 kg bersubsidi untuk meminimalisir permasalahan-permasalahn yang bisa timbul akibat penggunaan yang tidak sesuai/tepat. Kedepannya, akan dilakukan pengembangan terkait produk alat pendeteksi kebocoran gas LPG 3 kg bersubsidi ini sehingga alat ini dapat disebarluaskan secara merata dan menjangkau seluruh masyarakat Buleleng pada khususnya dan Bali bahkan Indonesia pada umumnya.

Published
2019-12-06
How to Cite
DANTES, Kadek Rihendra; PASEK NUGRAHA, I Nyoman. BINA DESA: PELATIHAN DAN PEMBUATAN ALAT PENDETEKSI KEBOCORAN LPG 3 KG BERSUBSIDI DI DESA DENCARIK, KECAMATAN BANJAR, KABUPATEN BULELENG - BALI. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 684-691, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1807>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles