PERANCANGAN PEMBELAJARAN GENRE TEKS MELALUI PENGGUNAAN TEKS POPULER BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA PADA JENJANG SMA/SMK DI KABUPATEN TABANAN

  • Ni Made Rai Wisudariani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Suarcaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Sri Adnyani Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru-guru bahasa Indonesia pada Jenjang SMA di Kabupaten Tabanan dalam pembelajaran genre teks. Kegiatan ini dirancang dalam bentuk pelatihan dan pendampingan dengan memanfaatkan teks popular. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah, demonstrasi, penugasan, dan simulasi. Peserta pelatihan ini adalah 22  orang guru bahasa Indonesia. Hasil kegiatan ini menunjukkan kemampuan para guru dalam merancang pembelajaran genre teks dapat ditingkatkan melalui penggunaan teks popular sebagai pematik. Beberapa teks popular yang digunakan yakni, pembelajaran surat dengan menggunakan teks surat Kartini, pembelajaran teks procedural dengan menggunakan contoh prosedur naik pesawat, pembelajaran teks narasi dengan memilih teks cerita keluarga cemara, pembelajaran teks pidato dengan memilih teks pidato Albert Einstein,  pembelajaran teks persuasi dengan memilih teks nasihat Sri Krisna kepada Arjuna dalam peperangan di Kuru Setra. Teks popular  yang dipilih mengarah pada pembelajaran bahasa dalam Kurikulum 2013, teks sebagai alam dalam pembelajaran bahasa.

Published
2019-12-06
How to Cite
WISUDARIANI, Ni Made Rai; SUARCAYA, Putu; SRI ADNYANI, Ni Luh Putu. PERANCANGAN PEMBELAJARAN GENRE TEKS MELALUI PENGGUNAAN TEKS POPULER BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA PADA JENJANG SMA/SMK DI KABUPATEN TABANAN. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 711-718, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1810>. Date accessed: 21 oct. 2020.
Section
Articles