KESIAPAN GURU BAHASA INGGRIS DALAM PENGIMPLEMENTASIAN ASESMEN DIRI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR

  • Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.I.N. Marhaeni Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A. Gede Yudha Paramartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Gede Eka Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Ratminingsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Sonia Piscayanti Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pengabdian pada Masyarakat ini  mendesiminasikan hasil penelitian Dewi (2018) yang bertujuan untuk menyiapkan guru Bahasa Inggris sekolah dasar agar dapat mengimplementasikan asesmen diri sebagai asesmen autentik dalam pembelajaran Menulis. 19 guru Bahasa Inggris sekolah dasar di Kecamatan Buleleng dilatih untuk mengembangkan instrumen asesmen diri dalam workshop “Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Asesmen Diri sebagai Asesmen Autentik dalam Pembelajaran Menulis Bahasa Inggris di Sekolah Dasar”.  Dari kegiatan tersebut dihasilkan guru-guru dan mahasiswa yang telah mampu mengembangkan self-assessment checklist baik on-task maupun off-task yang siap untuk diimplemtasikan dalam pembelajaran menulis di sekolah dasar. Selama pelatihan pun para peserta telah berhasil melakukan simulasi penerapan instrumen dalam bentuk peer simulation. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa peserta, terutama para guru, sudah siap untuk mengimplementasikan asesmen diri dalam kelas yang diajarnya. Selanjutkan diharapkan pengimplemetasian asesmen diri ini akan dapat membantu siswa sekolah dasar untuk mengenali kelebihan dan kelemahannya dalam menulis serta mencari solusi untuk meningkatkan kualitas tulisannya sekaligus membiasakan kemandirian belajar siswa.

Published
2019-12-06
How to Cite
EKA SULISTIA DEWI, Ni Luh Putu et al. KESIAPAN GURU BAHASA INGGRIS DALAM PENGIMPLEMENTASIAN ASESMEN DIRI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 744-752, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1814>. Date accessed: 27 oct. 2020.
Section
Articles