PENGEMBANGAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH KUANTITATIF PADA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN EKONOMI KAB/KOTA BLITAR

  • Yogi Dwi Satrio
  • Januar Kustiandi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Annisya’ Annisya’ Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Salah satu syarat dalam proses kenaikan pangkat dan jabatan yang dimilikinya, guru diwajibkan untuk melakukan kegiatan penelitian dan menulis karya ilmiah. Dalam kegiatan ini guru boleh menggunakan metode analisis yang sesuai dengan tema penelitiannya. Salah satu yang dapat digunakan guru adalah dengan menggunakan metode analisis kuantitatif Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pelatihan penulisan karya ilmiah dengan menggunakan metode analisis data kuantitatif dan enggunakan dan pembelajaran berbasis game dalam pengambilan data hasil belajar. Pelatihan ini bertujuan untuk memotivasi guru untuk menggunakan alat analisis kuantitatif dalam kegiatannya menulis karya ilmiah yang mana menjadi sebuah kewajiban bagi seorang guru untuk meningkatkan keprofesionalitasnya. Dampak yang diperoleh peserta pelatihan berupa pemahaman tentang metode penelitian kuantitatif dalam Pendidikan dan metode asesmen dengan menggunakan media permainan. Luaran dalam penelitian ini dalam berbentuk karya ilmiah guru yang terupload pada jurnal terindeks nasional.

Published
2019-12-06
How to Cite
SATRIO, Yogi Dwi; KUSTIANDI, Januar; ANNISYA’, Annisya’. PENGEMBANGAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH KUANTITATIF PADA MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN EKONOMI KAB/KOTA BLITAR. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 771-778, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1817>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles