PENGEMBANGAN “LACEBANK” (LABORATORIUM CERDAS PERBANKAN) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN FINANCIAL LITERACY SISWA SDN 1 GANDUSARI

  • Nur Anita Yunikawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Magistyo Puroboyo Priambodo Universitas Pendidikan Ganesha
  • Emma Yunika Puspasari Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan sebagai upaya mengembangkan laboratorium cerdas perbankan. Adapaun tahapan yang di gunakan dalam kegiatan ada 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pembinanaan, tahap implementasi. Tahap pertama Dalam tim mengurus perijinan terkait program Laboratorium Cerdas Perbankan yang akan diadakan di SDN 1 Gandusari. Tahap ke dua Laboratorium Cerdas Perbankan Guide Program adalah tim pelaksana Pengabdian Masyarakat dibantu oleh mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan. Selanjutnya dibentuk Komunitas Duta Keuangan yang berasal dari siswa SDN 1 Gandusari, untuk keberlanjutan program serta mampu berkembang ke sekolah-sekolah lain. Tahap implementasi terdiri dari tiga kegiatan yaitu kegiatan pembukaan, inti program dan pentupan program. 

Published
2019-12-06
How to Cite
YUNIKAWATI, Nur Anita; PRIAMBODO, Magistyo Puroboyo; PUSPASARI, Emma Yunika. PENGEMBANGAN “LACEBANK” (LABORATORIUM CERDAS PERBANKAN) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN FINANCIAL LITERACY SISWA SDN 1 GANDUSARI. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 822-828, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1825>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles