PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BUKU AJAR/BUKU TEKS DAN PENERBITANNYA SECARA NASIOAL BAGI GURU-GURU SMA DAN SMK KOTA SINGARAJA

  • Sanusi Mulyadiharja Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Wijana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Nyoman Setiawan Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah (1) Memberikan sosialisasi kepada guruguru SMA dan SMK kota Singaraja, agar memahami tentang konsep buku ajar. (2) Melatih guru-guru SMA dan SMK kota Singaraja agar mampu menulis buku ajar. (3) Mendampingi guru-guru SMA dan SMK kota Singaraja dalam penulisan buku ajar agar dapat menghasilkan draft atau buku ajar. (4) Menjalinkan komunikasi antara guru-guru SMA dan SMK kota Singaraja dengan penerbit agar guru-guru memahami tata cara penerbitan buku. Khalayak sasaran dari P2M ini adalah guru-guru SMA dan SMK se kota Singaraja dengan jumlah total 20 orang. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Pendekatan Ergonomi Total dengan metode ceramah, diskusi, dan FGD. Hasil kegiatan menunjukkan (1) Pemberian pengetahuan dan pemahaman tentang penyusunan buku ajar dan penerbitannya secara nasional mampu meningkatkan kemampuan guru-guru dalam penyusunan buku ajar; (2) Dengan pemberian pengetahuan dan pemahaman tentang penyusunan buku ajar dan penerbitannya secara nasional para peserta P2M memiliki kemampuan dan menyusun penyusunan buku ajar dan berorientasi untuk penerbitannya  secara nasional; dan (3) Pemberian pelatihan tentang penyusunan buku ajar dan penerbitannya secara nasional para peserta telah menghasilkan contoh buku yang disusun (draft) dan kesiapan untuk berkomunikasi lebih lanjut dengan penerbit. 

Published
2019-12-06
How to Cite
MULYADIHARJA, Sanusi; WIJANA, Nyoman; NYOMAN SETIAWAN, I Gusti Agung. PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN BUKU AJAR/BUKU TEKS DAN PENERBITANNYA SECARA NASIOAL BAGI GURU-GURU SMA DAN SMK KOTA SINGARAJA. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 861-868, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1830>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles