IMPLEMENTASI JARINGAN LAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN DI KANTOR DESA PIKAT KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG

  • Ni Kadek Dessy Hariyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Gede Arya Astawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Suwintana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Oka Sudiadnyani Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penyelenggaraan pemerintahan yang baik  telah menjadi komitmen bersama seluruh jajaran Pemerintah. Perubahan lingkungan  strategis  dan kemajuan teknologi mendorong Pemerintah untuk terus meningkatkan kinerja birokrasi serta perbaikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Salah satu langkah mewujudkan sistem pemerintahan yang baik dengan melaksanakan perbaikan sistem yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dalam melayani masyarakat. Kantor desa memberikan pelayanan pembuatan surat keterangan bagi penduduk desa sesuai dengan kebutuhan penduduk. Pelayanan ini diberikan dengan memanfaatkan komputer sebagai alat bantu, namun terkendala jaringan komputer yang masih stand alone. Oleh karena itu dalam pengabdian masyarakat Politeknik Negeri Bali  telah melakukan perbaikan infrastruktur jaringan komputer pada kantor Desa Pikat. Selain itu dilakukan penambahan hotspot akses internet wifi pada ruang pertemuan guna untuk mencapai internetworking. Setelah dilakukan instalasi dan perbaikan jaringan, akses database dapat dilakukan dengan cepat sehingga mempermudah proses pembuatan surat dan mempercepat pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat.. Penambahan hotspot gratis di kantor desa memberikan dampak pada  peningkatan akses internet oleh masyarakat desa. Terdapat peningkatan kunjungan pada web desa, dan update infromasi kegiatan di berbagai sosial media yang berdampak pada sosialisasi desa pikat yang semakin dikenal luas. Akses internet juga banyak dimanfaatkan oleh kalangan pelajar, petani dan ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan akan berbagai informasi secara luas.

Published
2019-12-06
How to Cite
DESSY HARIYANTI, Ni Kadek et al. IMPLEMENTASI JARINGAN LAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN DI KANTOR DESA PIKAT KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 875-881, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1832>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles