PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SMA PJOK SE-BALI

  • I Ketut Iwan Swadesi Universitas Pendidikan Ganesha
  • H Wahjoedi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Agus Dharmadi Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Dalam realita di lapangan sebagian besar Guru PJOK masih menggunakan cara konvensional dalam proses pembelajaran. Tujuan kegiatan yang cukup mendasar, yaitu guru mampu; 1) menginterpretasikan dan menerapkan teknologi dalam pembelajaran PJOK, 2) membuat dan pemanfaatan media pembelajaran sebagai pendukung proses dalam pencapaian hasil belajaran. Rincian materi pelatihan dan pendampingan untuk memaksimalkan potensi dan peningkatan profesionalisme guru yaitu; 1) penyajian konsep awal revolusi industri 4.0, 2) blended learning, dan 3) praktek pembelajaran PJOK dengan memanfaatkan aplikasi pada HP android, 4) umpan balik of line dan on line. Pemanfaatan teknologi pembelajaran PJOK dengan mengikuti revolusi industri 4.0 membantu siswa mempermudah dan mempercepat proses tranformasi informasi dan pengetahuan. Dengan pemanfatan teknologi yang mengarah kepada revolusi industri 4.0, dapat disimpulkan bahwa guru mampu menginterpretasikan, membuat dan penerapan teknologi dalam pembelajaran PJOK. 

Published
2019-12-06
How to Cite
IWAN SWADESI, I Ketut et al. PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU-GURU SMA PJOK SE-BALI. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 924-932, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1838>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles