DIGITALISASI KONTEN PEMBELAJARAN PARA GURU SMP KECAMATAN MARGA KABUPATEN TABANAN
Abstract
Menghadapi era revolusi industri 4.0, berbagai tantangan muncul dalam mempersiapkan SDM yang terampil. Salah satu tantangan dimaksud adalah pengetahuan dan keterampilan para guru SMP dalam mendigitalisasi konten cetak yang nantinya dapat diberdayakan dengan baik perlu dilatihkan dan didampingi secara intensif. Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para Guru SMP di Kecamatan Marga Kabupaten Tabanan dalam mendigitalisasi konten pembelajaran. Metode yang digunakan pada saat pelatihan adalah metode ceramah, metode tanya-jawab dan metode demonstrasi. Tahap pendampingan melibatkan metode praktek langsung mendigitalisasi konten pembelajaran melalui tahapan yang sistematis. Hasil pelatihan dan pendampingan menunjukkan pengetahuan dan keterampilan para Guru dalam mendigitalisasi konten pembelajaran meningkat. Lebih lanjut, literasi guru terhadap penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga meningkat. Disamping itu, sikap guru terhadap penggunaan TIK dalam pembelajaran semakin positif.