PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERSTRATEGI SIKLUS JEMOYA DI SMP LAB UNDIKSHA

  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Ayu Made Istri Utami Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

P2M ini dilaksanakan di SMP Lab Undiksha yang bertujuan: (1) meningkatkan kemampuan guru dan pegawai dalam menyelenggarakan pendidikan karakter, (2) meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan alat ukur pendidikan karakter, (3) berkembangnya  karakter siswa, dan (4) terbentuknya SMP Lab Undiksha sebagai sekolah yang berkarakter. Kegiatan yang dilakukan dalam mencapai tujuan tersebut adalah FGD yang dilakukan bersama kepala sekolah, seluruh guru dan pegawai, ketua yayasan, direktur sekolah Lab, dan komite sekolah untuk merumuskan cara menerapkan pendidikan karakter dalam membangun budaya sekolah, budaya kelas, dan pelaksanaan pembelajaran yang bermuatan karakter. Selain FGD, pendampingan dilaksanakan agar pendidikan karakter secara terus menerus dilakukan, dan pola pelaksanaannya sesuai dengan yang diharapkan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dihasilkan dalam FGD. Indikator keberhasilan P2M ini adalah sebagai berikut. (1) hasil pelaksanaan P2M minimal berkatagori baik, dan (2) karakter sivitas sekolah (utamanya siswa) berkembang (B).

Published
2019-12-06
How to Cite
ARNYANA, Ida Bagus Putu; ISTRI UTAMI, Ida Ayu Made. PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERSTRATEGI SIKLUS JEMOYA DI SMP LAB UNDIKSHA. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 973-978, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1850>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles