PENJABARAN INDIKATOR PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS BERDASARKAN KURIKULUM 2013

  • Luh Gede Eka Wahyuni Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A. Gede Yudha Paramartha Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Luh Putu Eka Sulistia Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.I.N. Marhaeni Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Ini adalah studi pengabdian masyarakat dengan tujuan meningkatkan kemampuan guru bahasa Inggris dalam membuat indikator pembelajaran berbasis HOTS yang sesuai dengan tuntutan kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013. Kegiatan workshop berlangsung selama satu hari yang kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan di sekolah. Pre-tes dan pos-tes diberikan sebelum dan sesudah lokakarya untuk memeriksa pengetahuan awal guru dan sejauh mana lokakarya ini membantu mereka. Hasil pre-tes menunjukkan bahwa pemahaman guru mengenai prinsip-prinsip dasar HOTS masih rendah karena tidak menerapkannya dengan benar. Di akhir lokakarya, kemampuan mereka untuk membedakan penjabaran indikator pembelajaran yang HOTS dan LOTS meningkat secara signifikan (Wilcoxon Sign Rank Test Z=4,802, p<0,05). Namun, pelatihan ini hanya berfokus pada peningkatan kemampuan untuk membuat indikator, perlu dilakukan penelitian dan lokakarya lebih lanjut tentang pemahaman guru dalam membuat item berbasis HOTS.

Published
2019-12-06
How to Cite
EKA WAHYUNI, Luh Gede et al. PENJABARAN INDIKATOR PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 993-1000, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1853>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles