PENGGUNAAN BUKU CERITA TEMATIK BERBASIS K-13 DALAM PELATIHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH BAGI GURU SD

  • AAIN Marhaeni Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A. Gede Yudha Paramartha Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Dalam era sekarang ini, pendidikan penting memiliki perspektif teknohumanistik agar literasi manusia, data, dan teknologi dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan manusia, bukan sebaliknya menjadi kemudaratan. Nilai-nilai kemanusiaan yang beradab merupakan fondasi pendidikan anak. Strategi Pembelajaran dengan Pembelajaran tematik secara disiplin perlu di maksimalkan oleh para guru. Hal ini dapat di capai dengan menginsersi nilai-nilai kemanusiaan ke dalam buku cerita berbasis literasi-literasi di atas. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi para guru SD tentang penerapan Pembelajaran tematik melalui buku cerita berbasis K-13  dalam pelatihan gerak anliterasi sekolah bagi guru SD. Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dengan peserta sebanyak 40 orang guru SD di Kota Denpasar. Hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman dan keterampilan peserta tentang Pembelajaran literasi, dan terbentuknya Pojok Baca di tiga sekolah di Kota Denpasar, yaitu SDN 24 Pemecutan, SDN 1 Duda Utara, dan SDN 1 Selumbung. Diharapkan Pojok Baca yang terbentuk dapat meningkatkan literasi siswa dalam membaca.

Published
2019-12-06
How to Cite
MARHAENI, AAIN; DANTES, Nyoman; YUDHA PARAMARTHA, A.A. Gede. PENGGUNAAN BUKU CERITA TEMATIK BERBASIS K-13 DALAM PELATIHAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH BAGI GURU SD. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 1001-1007, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1854>. Date accessed: 25 sep. 2020.
Section
Articles