PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SMA/SMK/MADRASAH SE-KABUPATEN BIMA-NTB

  • I.G. Budasi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Adi Jaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • P.K. Nitiasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • S.A.P. Sriasih Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Artikel ini bertujuan mendeskripsikan hasil pengabdian pada masyrakat (P2M) berjudul ‘Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru Sma/Smk Se-Kabupaten BimaNTB. Pelaksanaan P2M  yang dijalankan berbentuk workshop tengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  ini dilaksanakan dengan bentuk workshop yang bertujuan meningkatkan pemahaman para guru SMA/SMK se Kabupaten Bima –NTB dalam PTK). Metode yang diterapka dalam workshop ini adalah metode ceramah dan metode penugasan serta pendampingan, baik secara non dan online.  Data dikumpulkan melalui observasi dan  wawacar. Data disimpulkan bahwa: a. Para guru di Kabupaten Bima menemukan manfaat sangat berguna dari pelaksaanaan P2M tentang PTK melalu kegiata worshop ini. Melalui pelatihan penulisan proposal PTK ini mereka dapat memahami dengan jelas apa itu PTK; b. Para guru dapat membedakan antara PTK dengan penelitian kelas lainnya; dan  c. Berdasarkan informasi dari apa draft proposal yang mereka  setorkan lewat on line, secara umum dapat disimpulkan mereka sudah bisa membuat proposal PTK, walaupun belum begitu sempurna. Namun kemampuan mereka melaksanakan  PTK dan cara melaporkan hasil PTK serta penulisan artikel PTK yang bisa diterbitkan dalam jurnal  pendidikan belum diketahuwi. Dengan demikan, P2M dalam wujud workshop  tentang hal itu masih sangat perlu dilakukan.

Published
2019-12-06
How to Cite
BUDASI, I.G. et al. PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU-GURU SMA/SMK/MADRASAH SE-KABUPATEN BIMA-NTB. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 1042-1058, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1858>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles