IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SESUAI DENGAN PERMENDIKBUD NO. 20 TAHUN 2018 DI SMP NEGERI 1 KEDIRI, TABANAN

  • Dewa Bagus Sanjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sukadi Sukadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Natajaya Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Tujuan dan target khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah1) Mengidentifikasi   kearifan lokal yang dapat dijadikan sebagai landasan pendidikan karakter di SMPN 1 Kediri. 2) Mengetahui pelaksanaan lima karakter utama berdasarkan Permendikbud No. 20 Tahun 2018 di SMP N Kediri. Kearifan lokal yang dijadikan landasan pendidikan karakter diantaranya Tri Hita Karana, Tat Twam Asi, Tri Kaya Parisuda, Menyama braya. Pada dasarnya SMP N 1 Kediri telah mengembangkan karakter utama yakni: (a) karakter religius dikembangkan melalui pendirian tempat suci, melaksanakan persembahyangan bersama di sekolah dan tempat sembahyang di desa, toleransi, (b) karakter nasionalis dikembangkan melalui upacara bendera,taat pada aturan sekolah, c) karakter mandiri dikembangkan melalui tidak bergantung pada orang lain, kerja keras; d) intergritas dikembangkan melalui sikap dan perbuatan jujur, keteladanan; dan e) karakter gotong royang dikembangkan melalui solidaritas, saling membantu, kekeluargaan. Praktek pengembangan karakter yang menarik adalah welcome performanceyakni dua orang guru yang menyambut kehadiran para siswa di pintu masuk sekolah, yang bertujuan untuk mengembangkan keramahtamahan dan rasa saling menghargai diantara semua warga sekolah.

Published
2019-12-06
How to Cite
SANJAYA, Dewa Bagus; SUKADI, Sukadi; NATAJAYA, I Nyoman. IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SESUAI DENGAN PERMENDIKBUD NO. 20 TAHUN 2018 DI SMP NEGERI 1 KEDIRI, TABANAN. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 1059-1063, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1859>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles