KARAKTER PEDULI SAMPAH DI SD N 1 ASTINA

  • Made Vivi Oviantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Martiningsih Universitas Pendidikan Ganesha
  • IMP Anton Santiasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Gunamantha Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Telah dilakukan pelatihan pemilahan sampah di SD N 1 Astina dan pengolahan sampah organik menjadi kompos. Tujuan dari kegiatan PkM ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang cara memilah sampah di sumber dan meningkatkan ketrampilan penjaga sekolah mengolah sampah organik menjadi kompos. Sampah hasil pemilahan dikelola oleh penjaga sekolah, sampah organik dijadikan kompos, sampah plastik dan sampah kertas dijual ke tukang rombeng. Dengan meningkatkan pemahaman siswa untuk memilah sampah di sumber dan semakin terampilnya petugas sekolah dalam mengolah sampah organic menjadi kompos akan mendorong terbentuknya karakter siswa terhadap sampah yang dihasilkan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode presentasi, diskusi dan praktek. Gabungan dari ketiga metode tersebut diharapkan meningkatkan  pengetahuan dan keterampilan masyarakat SD Negeri 1 Astina, Buleleng, Bali mengenai pemilahan sampah dihasilkan. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini telah mencapai sasaran yaitu dapat memberi pengetahuan dan wawasan kepada para siswa peserta pelatihan serta mampu memilah sampah sesuai dengan karakteritiknya, yaitu sampah organik, anorganik dan kertas yang dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test. Para peserta pelatihan antusias dalam mengikuti setiap pemaparan materi yang diberikan oleh narasumber. Berdasarkan hasil interview dengan para peserta pelatihan terlihat bahwa pemahaman mereka tentang materi pelatihan juga meningkat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa para siswa peserta pelatihan ini merasakan manfaat yang besar setelah mengikuti pelatihan ini.

Published
2019-12-06
How to Cite
OVIANTARI, Made Vivi et al. KARAKTER PEDULI SAMPAH DI SD N 1 ASTINA. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 1072 - 1076, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1861>. Date accessed: 01 oct. 2020.
Section
Articles