BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS GRATIS UNTUK SISWA DI DESA: PENGABDIAN UNTUK PEMERATAAN PENDIDIKAN

  • Putu Eka DambayanaSuputra Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Kerti Nitiasih Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suta Paramarta Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Bahasa inggris sebagai bahasa internasional memegang peranan penting di dalam kemampuan mengakses informasi secara global. Pentingnya penguasaan Bahasa Inggris bagi siswa pada jenjang SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi tidak diragukan lagi dalam rangka memungkinkan generasi penerus bangsa mengakses informasi dan berkomunikasi sertaberkolaborasi pada lingkup lokal, nasional, dan globalpada era disrupsi 4.0.Namun, pada kenyataannya, masih benyak siswa yang perlu bimbingan belajar Bahasa Inggris khususnya di sekolah-sekolah negeri. Beberapa masalah yang mereka hadapi meliputi kurangnya akses informasi, materi, media, inovasi pembelajaran, sumber daya manusia yang berkompeten, serta sarana dan prasarana penunjang pembelajaran. Terkait dengan hal tersebut, Program Bimbingan Bahasa Inggris Gratis ditujukan untuk memberikan pembelajaran dan pendampingan terhadap siswa-siswi kelas 6 SDNegeri 2 Pemaron, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali, Indonesia yang memerlukan bantuan tim terkait proses pembelajaran yang mereka jalani. Bimbingan diberikan guna menyiapkan mereka untuk berpengetahuan dan terampil berbahasa Inggris. Di samping itu, bimbingan dimaksud untuk menyiapkan mitra menghadapi ujian sekolah Bahasa Inggris pada semester genap 2019/2020 serta menyiapkan mereka untuk megikuti mata pelajaran Bahasa Inggris pada jenjang SMP. Metode pelaksanaan program dilakukan dengan bimbingan belajar.

Published
2019-12-06
How to Cite
DAMBAYANASUPUTRA, Putu Eka; NITIASIH, Putu Kerti; SUTA PARAMARTA, I Made. BIMBINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS GRATIS UNTUK SISWA DI DESA: PENGABDIAN UNTUK PEMERATAAN PENDIDIKAN. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 1237-1244, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1886>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles