PENGEMBANGAN TOPI JANUR BERBASIS TOURISM EXPERIENCE DESIGN DI DESA NYALIAN, KECAMATAN BANJARANGKAN,KABUPATEN KLUNGKUNG-BALI

  • I Gusti Ketut Adi Winata Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Ni Luh Putu Eka Yudi Prastiwi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma
  • Ni Wayan Novi Budiasni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Satya Dharma

Abstract

Tujuan dari Pengabdian Masyarakat ini adalah : 1) Memberikan pengetahuan kepada pengrajin topi janur terkait dengan pemasaran dan pengelolaan keuangan. 2) Mempersiapkan sumber daya manusiayang ada di desa Nyalian menuju desa wisata. 3) Mempersiapkan produk yang ditawarkan kepada wisatawan yang menitik beratkan pada tourism experience designdimana wisatawan ikut serta di dalam kegiatan pariwisata yaitu menganyam topi janur. Program ini dilaksanakan menggunakan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berjalan dengan baik dapat dilihat dari hasil evaluasi yang menyatakan bahwa pengrajin sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sampai akhir. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu menambah pengetahuan pengrajin topi janur dan menambah motivasi kaum remaja untuk meneruskan kerajinan topi janur ini.

Published
2019-12-06
How to Cite
ADI WINATA, I Gusti Ketut; EKA YUDI PRASTIWI, Ni Luh Putu; NOVI BUDIASNI, Ni Wayan. PENGEMBANGAN TOPI JANUR BERBASIS TOURISM EXPERIENCE DESIGN DI DESA NYALIAN, KECAMATAN BANJARANGKAN,KABUPATEN KLUNGKUNG-BALI. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 1250-1255, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1888>. Date accessed: 29 sep. 2020.
Section
Articles