INTERNET MARKETING KERAJINAN SAMPAH ORGANISASI PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN BALI (PPLB) KABUPATEN BULELENG

  • Gede Aditra Pradnyana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Partha Sindu Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ayu Ketut Rencana Sari Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan internet berpengaruh besar terhadap perkembangan di bidang promosi produk. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi dunia promosi produk karena kemudian terjadi peningkatan efektivitas jika dibandingkan dengan media konvensional. Kerajinan merupakan salah satu produk yang dapat dipasarkan melalui internet, tidak terkecuali kerajinan berbahan sampah. Selain aktif melaksanakan kegiatan sosial dalam hal penanggulangan sampah dan bank sampah, para anggota Pemuda Peduli Lingkungan Bali (PPLB) secara inovatif dan kreatif mengolah sampah menjadi beranekaragam produk kerajinan. Dengan produk kerajinan, sampah yang awalnya tidak bernilai memiliki nilai seni dan nilai komersial yang tinggi. Produk “kerajinan sampah” karya PPLB biasanya dipamerkan dalam event-event pameran yang diselenggarakan oleh Pemkab Buleleng. Tidak ada tempat atau toko khusus yang digunakan dalam menjual maupun memajang karya kerajinan bernilai seni ini. Berdasarkan hasil observasi, proses promosi atau pemasaran produk kerajinan umumnya dilakukan dengan memanfaatkan akun media sosial dari beberapa anggota dengan foto dokumentasi pribadi. Oleh karena itu, dipandang perlu untuk melakukan peningkatan promosi produk kerajinan sampah karya PPLB melalui penggunaan teknologi yang tepat. Pada pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pengembangan dan pelatihan pemanfaatan internet marketing sebagai media promosi produk kerajinan sampah. Media promosi digital diharapkan menjadi pilihan yang efektif untuk PPLB dalam mengembangkan bisnis dan menjangkau pasar nasional maupun internasional. Media yang dibuat berupa toko online di sebuah market place yang dilanjutkan dengan pembuatan konten dan media promosi berupa video. Kegiatan pelatihan dilakukan untuk memberikan keterampilan pemasaran melalui toko online. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah berupa toko online yang sesuai dengan kebutuhan PPLB, media promosi kerajinan sampah, dan peningkatan keterampilan pengurus PPLB dalam pemasaran melalui media internet.

Published
2019-12-06
How to Cite
PRADNYANA, Gede Aditra; PARTHA SINDU, I Gede; RENCANA SARI DEWI, Gusti Ayu Ketut. INTERNET MARKETING KERAJINAN SAMPAH ORGANISASI PEMUDA PEDULI LINGKUNGAN BALI (PPLB) KABUPATEN BULELENG. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 1288-1295, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1895>. Date accessed: 27 oct. 2020.
Section
Articles