PEMBUATAN MEDIA PROMOSI USAHA BAGI UMKM DI DESA MENGESTA

  • NI Nyoman Parwati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Rapi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Putu Suharta Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Seiring dengan berkembangnya pariwisata di desa Mengesta, berbagai UMKM mulai berkembang dalam upaya mendukung pelaksaaan pariwisata tersebut dan sebagai muaranya adalah bertambahnya sumber-sumber pendapatan masyarakat. Namun, dalam pelaksanaannya masih banyak kendala yang dialami oleh pelaku UMKM, terutama masalah pemasaran yang belum bisa menjangkau masyarakat luas. Berdasarkan masalah yang ada,tujuan pelaksanaan kegiatan P2M ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam membuat media promosi usaha. Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan metode PAP (Participatory Assessment and Planning) yang terdiri dari empat langkah pokok, yaitu: (1) menemukan masalah, (2) menemu kenali potensi, (3) menganalisis masalah dan potensi, dan (4) memilih solusi untuk memecahkan masalah. Instrumen pengumpul data adalah angket dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil kegiatan ini adalah pemahaman para peserta pelatihan terkait pengembangan media promosi usaha, tergolong baik. Keterampilan peserta dalam membuat dan mengoperasikan media promosi usaha tergolong baik. Kegiatan ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat dan pimpinan desa karena mereka antusias produk-produk pertanian yang mereka hasilkan sudah bisa mereka promosikan secara online. Dengan demikian, mereka berharap bisa meningkatkan omzet penjualan produknya.

Published
2019-12-06
How to Cite
PARWATI, NI Nyoman; RAPI, Ni Ketut; PUTU SUHARTA, I Gusti. PEMBUATAN MEDIA PROMOSI USAHA BAGI UMKM DI DESA MENGESTA. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 4, p. 1312, dec. 2019. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/1899>. Date accessed: 06 dec. 2020.
Section
Articles