PELATIHAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA SOSIAL EDMODO BAGI GURU SMA DI KECAMATAN BULELENG

  • Gede Aditra Pradnyana
  • I Made Ardwi Pradnyana
  • I Gede Partha Sindu

Abstract

Persoalan kelemahan tenaga pendidik dalam menggunakan TIK untuk kegiatan belajar mengajar akan dijumpai dimana saja di Indonesia, termasuk di Kecamatan Buleleng. Dengan manfaat yang begitu banyak, penggunaan E-Learning dalam proses belajar mengajar di SMA Kecamatan Buleleleng sangatlah rendah. Disisi lain, penggunaan E-Learning dalam proses belajar mengajar ini sangatlah berbanding terbalik dengan penggunaan media sosial oleh guru dan siswa di SMA. Kegiatan P2M ini bertujuan untuk mengenalkan aplikasi E-learning berbasis media sosial Edmodo kepada guru SMA di Kecamatan Buleleng. Keterampilan penggunaan media sosial yang dimiliki oleh Guru diharapkan mempermudah proses pembelajaran dengan menggunakan Edmodo. Metode kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dalam bentuk ceramah, diskusi, dan praktek.
Pelatihan akan dilakukan selama 2 sesi dimana sesi pertama lebih fokus dalam memberikan informasi mengenai pemanfaatan E-Learning, pengenalan Edmodo, proses mendaftar di Edmodo, sampai pada pengenalan fitur-fitur dan keunggulan Edmodo. Pada sesi kedua, pelatihan akan fokus terhadap pengemasan konten pembelajaran, melakukan praktek dan simulasi proses pembelajaran dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Edmodo. Modul pelatihan akan diberikan kepada peserta sebagai alat bantu dalam kegiatan praktek di laboratorium komputer. Luaran dari kegiatan P2M ini adalah berupa modul penggunaan Edmodo untuk guru serta artikel ilmiah. Hasil evaluasi pelaksanaan P2M ini menunjukkan bahwa P2M ini bermanfaat untuk menunjang proses belajar mengajar yang dilakukan di sekolah.
Kata kunci : Guru, E-Learning, Media Sosial, Edmodo

Published
2016-11-19
How to Cite
PRADNYANA, Gede Aditra; PRADNYANA, I Made Ardwi; SINDU, I Gede Partha. PELATIHAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA SOSIAL EDMODO BAGI GURU SMA DI KECAMATAN BULELENG. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, [S.l.], v. 1, nov. 2016. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senadimas/article/view/254>. Date accessed: 24 sep. 2020.
Section
Articles