Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Literasi Media dan Hasil Belajar

  • M. A. K. Wardana

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan literasi media (LM) teknik dasar passing sepak bola antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe (NHT) dan model kooperatif tipe (GI) berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalence pretest-posttest control group design. Populasinya seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bangli. Sampel sebanyak 2 kelas ditentukan dengan teknik group random sampling. Instrumen penelitian adalah format koisioner untuk instrumen literasi media sedangakan untuk hasil belajar menggunakan format observasi. Analisis data menggunakan MANCOVA. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan LM dan HB teknik dasar pasing sepak bola antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran NHT dan model GI. (2) Terdapat perbedaan LM teknik dasar passing sepak bola antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran NHT dan model GI. (3) Terdapat perbedaan HB teknik dasar passing sepak bola antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran NHT dan model GI.

Author Biography

M. A. K. Wardana

Program Studi Ilmu Pendidikan Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Published
2018-11-15
How to Cite
WARDANA, M. A. K.. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Literasi Media dan Hasil Belajar. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 97-102, nov. 2018. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1549>. Date accessed: 16 oct. 2019.
Section
Articles