Bahan Ajar Berbasis E-Learning untuk Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran

  • Luh Gede Eka Wahyuni Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNDIKSHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-learning dalam mata kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas  Pendidikan Ganesha. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain pengembangan Sugiyono (2011). Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner yang didistribusikan kepada dosen pengampu mata kuliah dan mahasiswa semester V yang mengambil mata kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Data kemudian dianalisis secara kualitatif sebagai dasar penyusunan prototipe yang kemudian digunakan sebagai pedoman untuk mengembangkan bahan ajar berbasis e-learning. Bahan ajar kemudian diuji oleh expert judgement dan user judgement untuk melihat validitas dan kualitas bahan ajar. Hasil uji menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis e-learning memiliki tingkat validitas yang tinggi dan merupakan bahan ajar yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan siap digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Published
2018-11-15
How to Cite
EKA WAHYUNI, Luh Gede. Bahan Ajar Berbasis E-Learning untuk Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 103-110, nov. 2018. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1550>. Date accessed: 16 oct. 2019.
Section
Articles