Efektivitas E-Modul Fisinberma Dalam Ujicoba Terbatas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Singaraja

  • Rai Sujanem Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA UNDIKSHA

Abstract

Keterampilan berpikir kritis (kbk) adalah salah satu pilar paradigma pendidikan abad 21(Ananiadou dan Claro, 2009). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan e-modul fisika interaktif berbasis masalah (fisinberma) dalam uji coba terbatas untuk meningkatkan kbk siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 SMAN 2 Singaraja. Efektivitas e-modul fisinberma digambarkan berdasarkan data peningkatan kbk. Penelitian ini menggunakan desain pre-test dan post-test. Untuk mendeskripsikan peningkatan kbk siswa dilakukan dengan uji-t berpasangan dan gain ternormalisasi (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji-t berpasangan, e-modul fisinberma secara signifikan dapat meningkatkan kbk siswa pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil analisis N-gain menunjukkan bahwa peningkatan kbk siswa termasuk kategori sedang dengan N-gain = 0,6. Berdasarkan peningkatan kbk siswa, dapat disimpulkan bahwa e-modul fisinberma dalam model BPBL efektif untuk meningkatkan kbk siswa dalam pembelajaran fisika.

Published
2018-11-15
How to Cite
SUJANEM, Rai. Efektivitas E-Modul Fisinberma Dalam Ujicoba Terbatas Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Singaraja. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 260-266, nov. 2018. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1574>. Date accessed: 16 oct. 2019.
Section
Articles