Uji Efektivitas Penyelenggaraan Program Pembelajaran Informal “Taman Cerdas Ganesha” Dari Segi Motivasi Belajar Siswa

  • Ratih Ayu Apsari Jurusan Matematika FMIPA UNDIKSHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pelaksanaan program Taman Cerdas Ganesha, suatu kegiatan belajar matematika informal yang dilaksanakan setiap hari Minggu di Desa Temukus, Kabupaten Buleleng. Pada makalah ini, efektivitas yang diukur berkaitan dengan motivasi belajar siswa. Model pengujian efektivitas yang digunakan disesuaikan dengan Model Evaluasi Pelatihan dari Kirkpatrick dengan fokus pada Level 1: Reaksi Peserta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen One-Group Post-test Only Design. Proses pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner motivasi yang diberikan kepada subjek penelitian yaitu siswa SD kelas 3-5 di Desa Temukus. Analisis data dilakukan dengan deskrptif kuantitatif dengan melihat rata-rata skor motivasi siswa setelah mengikuti kegiatan. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa motivasi siswa untuk belajar matematika berada pada kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, program Taman Cerdas Ganesha ini efektif dalam memotivasi siswa dalam belajar matematika.

Published
2018-11-10
How to Cite
AYU APSARI, Ratih. Uji Efektivitas Penyelenggaraan Program Pembelajaran Informal “Taman Cerdas Ganesha” Dari Segi Motivasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 6, p. 450-455, nov. 2018. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/1646>. Date accessed: 27 jan. 2020.
Section
Articles