Evaluasi Pendokumentasian Pelayanan Kebidanan pada Praktek Mandiri Bidan (PMB) Bidan Delima Kabupaten Buleleng Tahun 2020

  • Luh Mertasari Jurusan Ilmu Olah Raga dan Kesehatan FOK UNDIKSHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Pendokumentasian pada PMB Bidan Delima di Kabupaten Buleleng, Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasinya adalah seluruh Bidan Delima di Buleleng berjumlah 62 orang. Sampel adalah seluruh populasi 43 PMB bidan delima yang berpraktek saat pandemic covid-19. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil Penelitian menunjukkan ketersediaan Sarana Pendokumentasian (Formulir, buku register, format) di PMB Bidan Delima lebih dari sebagian dalam kategori cukup lengkap (53%), Pelaksanaan Pencatatan hasil pelayanan kebidanan kurang dari sebagian dengan kategori baik (33%), Pelaporan hasil pelayanan kurang dari sebagian dengan kategori cukup baik (42%), penyimpanan arsip pendokumentasian kurang dari sebagian dengan kategori baik (49%). Kesimpulan hasil evaluasi pendokumentasian pada PMB bidan Delima baik dari segi ketersediaan fasilitas pendokumentasian, pencatatan, pelaporan dan penyimpanan dokumen masih belum optimal, karena belum ada PMB Bidan Delima yang sangat baik dalam melakukan pendokumentasian.

Published
2020-10-20
How to Cite
MERTASARI, Luh. Evaluasi Pendokumentasian Pelayanan Kebidanan pada Praktek Mandiri Bidan (PMB) Bidan Delima Kabupaten Buleleng Tahun 2020. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 22-27, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2095>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles