Implementasi Komunikasi Interpersonal Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana dalam Meningkatkan Konsep Diri Akademik Mahasiswa

  • Ria Tri Harini Dwi Rusiawati Prodi D3 Kebidanan FOK Undiksha

Abstract

Konsep diri merupakan hal penting dalam kehidupan seseorang karena sangat menentukan bagaimana ia bertindak dalam berbagai situasi yang dihadapi. Untuk mewujudkan cita-cita dan harapannya, seseorang akan memilih dan menempuh pendidikan yang sesuai keinginan dan kemampuannya. Namun kenyataan, tidak semua individu mendapatkan keinginannya. Hal tersebut juga terjadi pada beberapa mahasiswa Prodi D3 Kebidanan FOK Undiksha. Dibutuhkan komunikasi interpersonal yang berlandaskan falsafah Tri Hita Karana pada konsep hubungan manusia dengan sesamanya (pawongan) untuk membantu meningkatkan konsep diri akademik mahasiswa kebidanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui konsep diri mahasiswa prodi Kebidanan FOK Undiksha melalui pelaksanaan komunikasi interpersonal berlandaskan falsafah Tri Hita Karana. Penelitian ini merupakan penelitian sederhana, jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analitik yang menjelaskan mengenai implementasi komunikasi interpersonal dan konsep diri akademik mahasiswa Prodi D3 Kebidanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam orang mahasiswa dengan konsep diri kurang. Setelah dilaksanakan komunikasi interpersonal berlandaskan falsafah Tri Hita Karana, akhirnya terjadi peningkatan konsep diri mahasiswa.

Published
2020-10-20
How to Cite
DWI RUSIAWATI, Ria Tri Harini. Implementasi Komunikasi Interpersonal Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana dalam Meningkatkan Konsep Diri Akademik Mahasiswa. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 44-50, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2099>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles