Implementasi Metode Tutorial Sebaya pada KSPAN terhadap Perilaku Hidup Sehat Siswa (Studi Dilakukan di SMP Laboratorium Singaraja)

  • Ni Wayan Dewi Tarini Program Studi Diploma 3 Kebidanan Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Pengembangan potensi peserta didik dapat dilakukan tidak saja melalui kegiatan akademik, tapi juga pengembangan diri dalam kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang banyak diminati di tingkat sekolah menengah adalah KSPAN (Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba). Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin canggih memudahkan siswa untuk cepat mengakses berbagai informasi baik yang positif maupun negatif. KSPAN sebagai salah satu wadah kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah tersebut, diharapkan dapat menjadi jembatan pemberian informasi tentang kesehatan reproduksi, penyakit AIDS. Selama ini kegiatan KSPAN di SMP Laboratorium Singaraja sudah berjalan baik, namun sampai saat ini penerapan metode tutor sebaya belum terlaksana dengan efektif karena belum adanya pelatihan yang dilaksanakan mengenai metode tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi metode tutorial sebaya pada KSPAN terhadap perilaku hidup sehat siswa di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan, menggunakan sampel sebanyak 16 orang anggota KSPAN inti di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja dengan sampling total. Data dikumpulkan dengan cara tes, wawancara dan observasi, dan dianalisis secara statistika. Terdapat pengaruh yang bermakna antara implementasi metode tutorial sebaya pada KSPAN terhadap perilaku hidup sehat siswa dengan hasil analisa statistika nilai t= 6,708 pada df=15 dan p=0,000. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menetapkan metode tutorial sebaya pada KSPAN di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja sehingga seluruh siswa dapat berperilaku hidup sehat dalam kesehatan reproduksi, pencegahan AIDS dan narkoba.

Published
2020-10-20
How to Cite
TARINI, Ni Wayan Dewi. Implementasi Metode Tutorial Sebaya pada KSPAN terhadap Perilaku Hidup Sehat Siswa (Studi Dilakukan di SMP Laboratorium Singaraja). Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 102-110, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2107>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles