PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL BERDASARKAN TEORI PEMPROSESAN INFORMASI PADA MATA KULIAH DESAIN PESAN

  • I Komang Sudarma Program Studi Teknologi Pendidikan FIP Undiksha

Abstract

Penelitian pengembangan yang dilakukan memiliki tujuan untuk menghasilkan konten digital yang dikembangkan berdasarkan teori pemprosesan informasi untuk mata kuliah desain pesan di Program Studi Teknologi Pendidikan FIP Undiksha. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Hannafin dan Peck. Konten digital yang dikembangkan dievaluasi menggunakan teknik evaluasi formatif yang meliputi (1) validasi ahli, (2) uji coba perorangan, dan (3) uji coba kelompok kecil. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli yaitu ahli media dan ahli desain pembelajaran, 3 orang mahasiswa pada uji coba perorangan dan 9 orang mahasiswa pada uji coba kelompok kecil. Metode dan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan kuesioner. Berdasarkan penilaian ahli bahwa aspek desain berada pada kategori baik, aspek media berada pada kategori sangat baik. Tanggapan mahasiswa pada tahap uji coba perorangan dan kelompok kecil diperoleh kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan kemenarikan konten digital berada pada kategori baik.

Published
2020-10-20
How to Cite
SUDARMA, I Komang. PENGEMBANGAN KONTEN DIGITAL BERDASARKAN TEORI PEMPROSESAN INFORMASI PADA MATA KULIAH DESAIN PESAN. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 129-135, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2110>. Date accessed: 16 jan. 2021.
Section
Articles