Variasi Model Pendidikan Karakter untuk Mengembangkan Budaya Wirausaha di Perguruan Tinggi

  • Naswan Suharsono Jurusan Ekonomi dan Akuntansi FE UNDIKSHA

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperluas pemahaman tentang intensi wirausaha pengayaan pengalaman (experiential) dan kemampuan mengevaluasi peluang berwirausaha secara terintegrasi, sebagaimana tercermin dalam pola-pola pembelajaran yang dikembangkan para dosen di dalam menjalankan dharma pendidikannya. Penelitian eksploratoris ini dilakukan di 5 kelas kuliah Kewirausahaan di FE Undiksha dan 5 kelas di FEB UM yang mengambil program sesuai tuntutan kurikulum. Obyek penelitian adalah kegiatan pembelajaran dosen bersama mahasiswa yang pada tahapan pelaksanaannya memanfaatkan laboratorium, jaringan online, dan orientasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, intensi untuk menjadi wirausaha bisa ditingkatkan jika terintegrasi dengan variasi pola pengalaman belajar dan keberhasilan yang dicapai. Kedua, keberhasilan yang dicapai pada setiap tahapan belajar yang diskenariokan dosen dapat meningkatkan intensi menjadi rencana tindakan yang lebih siap untuk dilaksanakan. Ketiga, ketahan-malangan dapat ditingkatkan melalui mekanisme kerjasama dalam kelompok bersama dosen pembimbing proyeknya. Hasil penelitian ini hendaknya dilanjutkan dengan menvasiasikan kegiatan praktek laboratorium dan dunia usaha riil di lapangan.

Published
2020-10-20
How to Cite
SUHARSONO, Naswan. Variasi Model Pendidikan Karakter untuk Mengembangkan Budaya Wirausaha di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 136-140, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2111>. Date accessed: 16 jan. 2021.
Section
Articles