Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Pasta Gigi Close Up di Kota Singaraja

  • Gede Wira Kusuma Jurusan Manajemen FE UNDIKSHA

Abstract

Meningkatnya intensitas persaingan dari pesaing menuntut perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan daripada yang dilakukan oleh pesaing. Setiap perusahaan harus selalu tetap berkembang agar mampu bersaing. Dalam menghadapi persaingan antarperusahaan, maka perusahaan harus menerapkan kebijakan yang tepat dalam memasarkan produknya. Maraknya beragam merek pasta gigi yang beredar diikuti juga beberapa faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam pengambilan keputusan. Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan secara umum seperti kualitas produk, varian rasa, desain produk, dan motivasi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian kuantitatif dengan metode survei. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian pasta gigi close up adalah faktor harga, promosi, keluarga, dan (2) faktor yang paling dominan dipertimbangkan konsumen adalah faktor harga dengan nilai eigenvalue tertinggi sebesar 5,779.

Published
2020-10-20
How to Cite
KUSUMA, Gede Wira. Faktor-Faktor yang Menentukan Keputusan Pembelian Pasta Gigi Close Up di Kota Singaraja. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 162-167, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2114>. Date accessed: 22 apr. 2021.
Section
Articles