Penerapan Model Developmentally Appropriate Practice (DAP) dalam Meningkatkan Aktivitas Olahraga Mahasiswa Putra Semester IV Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Undiksha

  • I Gusti Lanang Agung Parwata Jurusan Pendidikan Olahraga FOK UNDIKSHA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model Developmentally Appropriate Practice (DAP) dalam aktivitas olahraga Mahasiswa Putra Semester IV prodi Penjaskesrek FOK Undiksha dan Pengaruh DAP dalam Pelatihan Side Jump Sprint dan Side Hop terhadap kelincahan dan kecepatan permainan sepak bola Mahasiswa Putra Semester IV Program Studi Penjaskesrek FOK Undiksha. Rancangan penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi terjangkau berjumlah 20 orang mahasiswa semester IV kelas A Prodi Penjaskesrek FOK Undiksha Tahun 2020. Penelitian ini dilakukan di Lapangan sepak bola Kampus Jalan Udayana No.11 Singaraja. Populasi target penelitian ini adalah mahasiwa putra semester IV kelas A Prodi Penjaskesrek FOK Undiksha. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan portofolio. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data, memilah data, mempelajari data, mendeskripsikan data, dan membuat analisis akhir. Hasil terdapat peningkatan aktivitas olahraga mahasiswa putra Semester IV Prodi Penjaskesrek FOK Undiksha, yaitu (1) bakat olahraga yang dimiliki, yaitu menggiring bola; mengoper bola; menyundul bola; menyapu bola; menghentikan bola dan merebut bola; dan (2) potensi bakat olahraga, yaitu yang masuk ke dalam kategori cukup berpotensi keberbakatanya pada teknik menggiring bola 2,2%, teknik mengoper bola 1,1%, menyundul bola 1,6%, menyapu bola 1,6%, menghentikan bola 2,7%, dan merebut bola 2,2%.

Published
2020-10-20
How to Cite
PARWATA, I Gusti Lanang Agung. Penerapan Model Developmentally Appropriate Practice (DAP) dalam Meningkatkan Aktivitas Olahraga Mahasiswa Putra Semester IV Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Undiksha. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 168-175, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2115>. Date accessed: 16 jan. 2021.
Section
Articles