Implementasi dan Implikasi “Geli Sebali” di SMP Negeri 11 Denpasar

  • I Wayan Gede Wisnu Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah FBS UNDIKSHA

Abstract

Penelitian ini menyajikan suatu deskripsi tentang program penunjang pembelajaran bahasa Bali berupa Gerakan Literasi Sekolah Berbahasa Bali (Geli Sebali) yang berlangsung di SMP Negeri 11 Denpasar. Aplikasi dari program Geli Sebali tersebut teraktualisasi sebagai kegiatan membaca wacana berbahasa Bali dan dituliskan dalam jurnal literasi siswa. Tujuan penelitian ini berkenaan dengan implementasi dan implikasi dari kegiatan Geli Sebali yang teraplikasi di SMP Negeri 11 Denpasar. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Dalam hal ini, data penelitian berupa wacana bahasa Bali siswa yang diperoleh melalui dokumentasi, aktivitas siswa yang diperoleh melalui observasi, serta keterangan dari guru yang diperoleh melalui wawancara. Analisis terhadap data penelitian dilakukan melalui reduksi, klasifikasi, dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi dari Geli Sebali berupa kegiatan sosialisasi dan aplikasi serta implikasi dari kegiatan tersebut yang berkenaan dengan aspek komunikasi dan edukasi.

Published
2020-10-20
How to Cite
WISNU, I Wayan Gede. Implementasi dan Implikasi “Geli Sebali” di SMP Negeri 11 Denpasar. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 176-182, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2116>. Date accessed: 16 jan. 2021.
Section
Articles