PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN BULELENG

  • M. Amanda Dewanti Jurusan S1 Manajemen FE Undiksha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik wirausaha, modal usaha, dan strategi pemasaran terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitan ini adalah data primer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yaitu metode untuk pengumpulan data primer pada informasi yang diperoleh dari responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan daftar pernyataan (kuesioner) dengan tujuan mengumpulkan informasi dari pelaku UMKM di Kabupaten Buleleng. Berdasarkan tingkat eksplansinya, tergolong sebagai penelitian asosiatif kausal, yaitu penelitian untuk mengetahui hubungan sebab akibat. Penelitian ini mengunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS)16 for windows. Hasil penelitian ini adalah (1) karakteristik wirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM; (2) modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM; (3) strategi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM; dan (4) karakteristik wirausaha, modal usaha. dan strategi pemasaran berpengaruh signifikan terhadap perkembangan UMKM.

Published
2020-10-20
How to Cite
DEWANTI, M. Amanda. PENGARUH KARAKTERISTIK WIRAUSAHA, MODAL USAHA, DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN BULELENG. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 183-189, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2117>. Date accessed: 26 july 2021.
Section
Articles