Efektivitas E-Modul Sukaberma dalam Uji Coba Terbatas untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMAN 2 Singaraja
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keefektifan e-modul suhu dan kalor berbasis masalah (Sukaberma) dalam uji coba terbatas untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (KBK) siswa. E-modul sukaberma adalah modul yang berisi masalah tidak terstruktur, fenomena fisika, konsep yang esensial, animasi, video, contoh, dan masalah KBK. E-modul Sukaberma ini disajikan dalam model blended problem-based learning (Blended-PBL).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Singaraja yang dipilih dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen satu kelompok pre-test dan post-test. Efektivitas e-modul Sukaberma digambarkan berdasarkan data peningkatan KBK. Untuk mendeskripsikan peningkatan KBK siswa, dilakukan dengan uji-t berpasangan dan gain ternormalisasi (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji-t berpasangan, e-modul sukaberma secara signifikan dapat meningkatkan KBK siswa pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil analisis N-gain =0,5 menunjukkan peningkatan KBK siswa termasuk kategori sedang. Berdasarkan peningkatan KBK siswa, dapat disimpulkan bahwa e-modul sukaberma dalam model Blended-PBL pada uji coba terbatas efektif untuk meningkatkan KBK siswa.