Keberterimaan Dosen FE Undiksha terhadap Pemanfaatan Gawai Seluler dalam Pembelajaran Daring
Abstract
Penerapan teknologi dalam pembelajaran membutuhkan keberterimaan dari dosen. Untuk mengetahui keberterimaan pembelajaran daring, penelitian ini dilaksanakan. Dengan menggunakan Model Keberterimaan Teknologi (MKT), penelitian dirancang. Terdapat 4 variabel yang diuji: itikad penggunaan, persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan serta efikasi kompetensi digital. Sebuah kuesioner MKT yang diadaptasi dari kuesioner MKT Davis akan dipergunakan sebagai instrumen penelitian. Responden penelitian adalah dosen di lingkungan Fakultas Ekonomi (FE) Undiksha. Analisis jalur dipergunakan sebagai tekhnik dalam menganalisis data. Hasil analisis data menemukan bahwa persepsi kegunaan dan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi penggunaan, sedangkan efikasi hanya menjadi moderasi. Terdapat beberapa asumsi tekait penyebab hasil penelitian, yang selanjutnya disarankan guna penelitian lanjutan.