Pengembangan Unit Kegiatan Belajar IPA Berbasis Riset untuk Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratif, dan Komunikatif Perserta Didik

  • I Wayan Subagia Jurusan Kimia FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan unit kegiatan belajar IPA berbasis riset untuk memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan kominikatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran berupa unit kegiatan belajar. Model penelitian pengembangan yang digunakan diakomodasi dari model Borg dan Gall dengan empat tahapan pokok, yaitu analisis kebutuhan, desain produk, pengembangan produk, dan evalusi produk. Dalam penelitian ini dilibatkan 34 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penelitian ini dikembangkan delapan unit kegiatan belajar yang melibatkan topik-topik: fotosintesis, interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, pencemaran air, pemanasan global, usaha dan pesawat sederhana, Hukum Newton tentang gerak, aplikasi tekanan zat pada makhluk hidup, dan lingkungan dan kependudukan. Setiap unit kegiatan belajar terdiri atas dua bagian utama, yaitu rencana pembelajaran dan lembar kerja peserta didik. Pengembangan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif peserta didik difasilitasi melalui kegiatan belajar, seperti perumusan masalah riset, perumusan hipotesis, perancangan prosedur riset, penyajian data, analisis data, perumusan simpulan, presentasi temuan, dan penulisan laporan.

Published
2020-10-20
How to Cite
SUBAGIA, I Wayan. Pengembangan Unit Kegiatan Belajar IPA Berbasis Riset untuk Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratif, dan Komunikatif Perserta Didik. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 218-227, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2121>. Date accessed: 17 jan. 2021.
Section
Articles