Kelayakan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Multi Representasi dalam Pembelajaran Berbasis Masalah

  • G A Mahayukti Jurusan Matematika, FMIPA UNDIKSHA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan bahan ajar matematika SMP berbasis multi representasi. Bahan ajar yang dikembangkan berupa lembar kerja siswa dan pegangan guru khususnya dalam materi segiempat dan segitiga sebagai media dalam pembelajaran berbasis masalah. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah modifikasi dari model 4D dan hanya sampai tahap develop. Tahap define, yakni kegiatan menganalisis awal di sekolah terkait perangkat pembelajaran, dan analisis kurikulum. Pada tahap design, peneliti mengembangkan bahan ajar matematika berbasis multi representasi berupa lembar kerja siswa dan pegangan guru sehingga dihasilkan prototipe I. Tahap develop, prototipe I yang telah dihasilkan selanjutnya diuji kelayaknnya oleh beberapa pakar yaitu dua orang dosen jurusan matematika undiksha dan dua orang guru matematika. Adapun hasil yang diperoleh pada tahap define yaitu pembelajaran lebih sering berpusat pada guru dan belum tersedia LKS yang dalam kegiatannya menuntut siswa aktif untuk mengkontruksi pengetahuannya sendiri sesuai yang diharapkan dalam pembelajaran berbasis masalah. Pada tahap design diperoleh beberapa saran yaitu perubahan pada cover, perbaikan tujuan pembelajaran, dan penambahan tujuan pegangan guru. Selanjutnya tahap develop diperoleh hasil uji kelayakan yang menunjukkan bahwa bahan ajar berupa LKS tergolong layak dan pegangan guru tergolong kategori sangat layak.

Published
2020-10-20
How to Cite
MAHAYUKTI, G A. Kelayakan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Multi Representasi dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Riset Inovatif, [S.l.], v. 7, p. 228-234, oct. 2020. Available at: <https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/view/2122>. Date accessed: 22 apr. 2021.
Section
Articles